Kementrian Kominfo Gelar Webinar, Manfaat Program PEN Bagi UMKM

Huwae Bangun Koordinasi, Bereskan Jaringan di Maluku

AMBON, MG.com – Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) bersama Kementerian Komunikasi dan Informasi Kominfo RI gelar webinar Manfaat Program PEN Bagi UMKM yang bertujuan menyampaikan informasi serta membangun pemahaman yang benar serta kepercayaan pada upaya penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional ( PEN).
Seminar tersebut dilaksanakan pada Jumat (20/11/2020) dengan narasumber Kepala Dinas Kominfo Provinsi Maluku, Drs. Samuel E. Huwae, MH dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku, Drs. M. Nasir Kilkoda, M.Si.

Webinar dengan tema, ‘Manfaat Program PEN Bagi UMKM’ dipandu moderator Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik Kominfo Provinsi Maluku, Jhon Rumlawang, S.Sos.

Drs Sammy Huwae, MH dalam materinya yang berjudul “Peran Diskominfo Untuk UMKM Go Digital’, menjelaskan tentang Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan
COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) yang ditandatangani pada 20 Juli 2020.

Komite tersebut jelas Huwae, terdiri atas, Komite Kebijakan; Satuan Tugas
Penanganan COVID-19, dan Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional.
“Tugas komite kebijakan adalah menyusun rekomendasi kebijakan strategis (kepada Presiden) dalam rangka percepatan penanganan COVID-19 serta pemulihan perekonomian dan transformasi ekonomi nasional, mengintegrasikan dan menetapkan langkah-langkah pelaksanaan kebijakan strategis tersebut berikut terobosan-terobosan yang diperlukan, serta melakukan monitoring dan evaluasi,” katanya bersemangat.

Sedangkan SatuanTugas (Satgas) PenangananCOVID-19 dan Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional memiliki tugas melaksanakan dan mengendalikan implementasi kebijakan strategis yang berkaitan dengan masing-masing bidang.
“Yaitu, penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), menyelesaikan permasalahan-permasalahan terkait pelaksanaan kebijakan, melakukan pengawasan, serta menetapkan dan melaksanakan kebijakan dan langkah-langkah lain,” katanya.

Implementasi PEN di Provinsi Maluku dengan adanya Keputusan Gubernur Maluku Nomor 514 Tahun 2020 tentang Pembentukan Satuan Tugas Percepatan Pemulihan Ekonomi Daerah.
“Tugasnya adalah, pertama, melaksanakan dan mengendalikan implementasi kegiatan strategis yang berkaitan dengan percepatan Pemulihan Ekonomi Daerah,” kata mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku itu.

Kedua, menyelesaikan permasalahan pelaksanaan yang berkaitan dengan Pemulihan ekonomi daerah termasuk permasalahan yang dihadapi sektor-sektor usaha riil secara secat dan tepat.
“Ketiga, melakukan pengawasan pelaksanaan kebijakan percepatan pemulihan ekonomi nasional dan daerah. Keempat, menetapkan langkah-langkah yang diperlukan dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional dan daerah,” tambahnya.

Masih kata Huwae, ada tiga peran Dinas Kominfo dalam PEN yakni, melakukan upaya pendampingan
UMKM dalam rangka pengembangan SDM digital, melakukan pilot project “Pendampingan UMKM Go Digital di
Provinsi Maluku Tahun 2021”, dan
berkoordinasi dengan Dinas
Koperasi dan UKM Provinsi
Maluku untuk mengidentifikasi
UMKM yang berpotensi.

Huwae juga menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Telkomsel untuk pembangunan BTS di beberapa daerah yang masih kesulitan dalam penggunaan jaringan internet, Misalnya, Maluku Barat Daya, Aru dan Seram Bagian Barat.
“Pembangunan BTS akan dilakukan tahun 2021, ini penting selain memperlancar komunikasi dan informasi juga bagian dari upaya mengentaskan kemiskinan serta peningkatan ekonomi dengan memanfaatkan sarana telekomunikasi,” paparnya.

Selain tida kabupaten tersebut, kedepan pihaknya akan membangun koordinasi dengan instansi terkait untuk daerah lainnya di Maluku, agar program Gubernur Maluku yakni bereskan jaringan di Maluku bisa terjawab.
“Kita berusaha untuk lakukan koordinasi efektif agar bukan hanya tiga daerah yang disebutkan tadi tapi juga daerah lain termasuk Maluku Tengah dan kabupaten lainnya,” janji Huwae. (D2)

Tinggalkan Balasan