2.000 Santri Peringati HSN 2018 di Buru

NAMLEA, MG.com –  Sekitar 2000 orang santri dari 10 kecamatan di Kabupaten Buru ikut dalam apel  peringati Hari Santri Nasional (HSN) di Namlea Kabupaten Buru, Minggu (21/10/2018).

Peringatsn HSN ditandai dengan pelaksanaan  Apel Akbar Hari Santri Nasional di lapangan Patimura Namlea.

Tema yang diusung pada Hari Santri Nasional 2018 adalah ‘Bersama Santri Damailah Negeri’.

Bertindak selaku Pembina Apel Ketua DPRD Buru, Iksan Tinggapi dan Pembina Upacara, Jumain Bugis.

Nampak juga kehadiran Kepala Kantot Kementrian Agama Kabupaten Buru, anggota DPRD Buru Junaidi Rupilu, Kepala Bapeda Kabupaten Buru, Kabag Keuangan Kabupaten Buru, Kadis Pendidikan, anggota Majelis Ta’alim, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat serta Santriawan/santriwati bersama orang tua.

Kegiatan diawali dengan persembahan Tarian Samrah dan Pencak Silat dari siswa MTs-Namlea.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Buru, Iksan Tinggapi mengingatkan jika Hari Santri diperingati berdasarkan keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2015 yang merupakan bukti pengakuan negara atas jasa para ulama dan santri dalam perjuangan merebut, mengawal, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan RI.

“Momentum Hari Santri 2018 ini perlu ditransformasikan menjadi gerakan penguatan paham kebangsaan yang ber sintesis dengan keagamaan, juga spirit cinta tanah air yang merupakan bagian dari iman perlu terus digelorakan di tengah arus ideologi fundamentalisme agama yang mempertentangkan Islam dan nasionalisme,” kata Tinggapi.

Menurutnya, dengan dasar ini pula Pemerintah Daerah Kabupaten Buru menjalankan program Gerakan Bupolo Magrib Mengaji sebagai upaya pengamalan nilai-nilai Al-Qur’an pada masyarakat serta generasi milenial untuk menciptakan Kabupaten Buru menjadi masyarakat yang religius dan berperadaban.

Kegiatan ini diakhiri dengan Pawai Ta’aruf, yang dilepas Ketua DPRD Buru, Ikasan Tinggapi.

Pawai Ta’aruf menempuh rute mulai star di Lapangan Patimura Namlea, kemudian melewati Pasar Inpres Namlea- Pujisera Namlea, – toko Semangat Baru, Polsek Namlea dan finish di Lalangan Patimura Namlea. Tepat pukul 11.05 wit rangkaian kwgiatan Hari Santri Nasional di Kabupaten Buru selesai. (an)

 

 

Tinggalkan Balasan