Nasdem: Soliditas, MEF, dan Netralitas TNI Jadi Tantangan Calon Panglima TNI

JAKARTA,MenaraGlobal.com – Fraksi Partai Nasdem menggarisbawahi sejumlah isu yang menjadi tantangan bagi calon Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Kepala Staf Angakatan Udara (KSAU) itu akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) Rabu (6/12/2017) pagi.

Beberapa isu yang disoroti adalah soal soliditas TNI serta netralitas pada pemilu.

“Pertama, harus bangun soliditas TNI. Kedua, mengupayakan program MEF (Minimum Essential Force) terwujud pada 2024,” kata Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem, Supiadin Aries Saputra di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/12/2017).

“Kemudian segera mempersiapkan TNI untuk mewujudkan netralitas dalam Pemilu Presiden 2019 maupun Pilkada 2018,” sambungnya.

Supiadin menambahkan, alutsista TNI harus terus mengikuti perkembangan zaman dan tak bisa hanya menerima alutsista yang sudah ada.

Adapun mengenai netralitas TNI, Supiadin mengingatkan agar Panglima TNI nantinya betul-betul menegakkan pendirian bahwa TNI harus netral dan tak masuk politik praktis, termasuk dalam mengomentari peristiwa politik.

“Enggak usah terlalu banyak komentar terhadap masalah politik. Tugas Panglima sudah, pada profesionalitas saja. Urus prajuritnya yang baik, jaga soliditas, enggak usah banyak bicara politik,” tutur Anggota Komisi I DPR itu.

Namun, fraksinya sejauh ini belum menemui alasan yang bisa membuat Hadi tak diterima sebagai Panglima TNI. Menurutnya, yang ditunjuk oleh Presiden adalah figur yang dianggap terbaik oleh Presiden.

“Sampai hari ini Fraksi Nasdem setuju usulan Presiden,” kata dia.

 

Tinggalkan Balasan